Gubernur Maluku Ajak Pramuka Madrasah Lebih Cinta Laut

By Admin

nusakini.com--Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) ke-2 digelar di Pantai Liang Ambon, Maluku. PPMN II dibuka oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin dan diikuti lebih dari 800 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) utusan dari Provinsi seluruh Indonesia.

Gubernur Maluku Said Assegaf dalam sambutannya mengajak kepada pramuka madrasah untuk menjadikan PPMN II sebagai momentum kebangkitan maritim, sebagimana program pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim. “PPMN II ini semoga bisa mengajak para peserta untuk mulai mencintai laut, sebagai sumber daya hayati negara Indonesia yang tidak terbatas,” pekiknya saat memberikan sambutan pada pembukaan PPMN II, Ambon, Rabu (25/5) disambut tepuk tangan pramuka madrasah. 

Menurutnya, Indonesia adalah negara kepulauan dan multikultural. Indonesia memiliki 17.670 pulau, 300 suku dan 665 bahasa. Kareananya, pembangunan Indonesia tidak bisa mengabaikan aspek maritime. “Maluku ini salah stau wilayah maritim terbesar di Indonesia. Di Maluku ada kurang lebi 1.340 pulau, baik yang kecil maupun besar. Ada kurang lebih 100 sub suku bangsa dan 117 bahasa, memiliki ratusan raja dan kaya akan kearifan-kearifan,” tuturnya bersemangat. 

“Ambon dinilai sebagai the spiece island, pulau rempah-rempah,” kata Said mengutip tulisan Tome Pirez (Tabib Portugis) dalam bukunya “Summa Oriental”.  

Gubernur Said menambahkan, sebagai salah satu wilayah kepulauan di Indonesia, Maluku siap mendukung Pemerintah untuk mengembalikan paradigma Pembangunan Nasional yang berorientasi ke lautan (Maritim). “Maluku telah mempersiapkan diri dan siap menjadi lumbung Ikan Nasional” tegas Said. 

PPMN II diikuti 858 peserta dari seluruh Indonesia. Tiap provinsi mengirim dua regu penggalang, putera dan puteri dengan 9 anggota untuk setiap regu. Selain itu, ada juga dua regu dari 11 Kabupaten/Kota dari Provinsi Maluku. 

Hadir dalam seremonial pembukaan, pimpinan Kabupaten/kota se Maluku, TNI/Polri, Kwarnas dan masyarakat Ambon. Hadir pula Kabalitbang dan Diklat Kamenag, seluruh Kakanwil Kemenag se-Indonesia, Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan, Kepala Pusat Informasi dan Humas Rudi Subiyantoro, dan Kepala Biro Umum Syafrizal.   

Seremonial Pembukaan PPMN yang akan berlangsung hingga tanggal 28 Mei ini dimeriahkan dengan pelepasan 3.047 tukik (anak penyu) ke Pantai Liang yang memecahkan rekor MURI dan penanaman 3.000 pohon. Di akhir sambutannya, Gubernur Said mengatakan bahwa Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli dijadwalkan akan hadir di Maluku untuk menutup PPMN II. (p/ab)